Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri

Touchscreen Android Bergerak Sendiri-Smartphone tercipta dengan berbagai macam kemudahan yang ditawarkan, baik itu secara fungsi maupun penggunaannya. Alat komunikasi modern ini memiliki satu ciri khas yaitu menggunakan layar sentuh atau touchscreen. Dengan demikan untuk mengoperasikannya maka anda cukup mengusap layar smartphone tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, pengguna smarphone sering mengeluh terhadap touchscreen ini, seperti tdai merespon ketika disentuh, bergerak sendiri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi anda yang sering mengalami touchscreen yang bermasalah, maka tentunya hal ini membuat anda kesal. Anda perlu menekan lebih layar agar bisa memilih menu yang ada pada ponsel tersebut. Dan yang lebih membuat kita jengkel ialah layar bergerak sendiri. Sehingga apabila anda sedang mengetik atau menjalankan aplikasi, maka layar akan merandom tanpa tujuan.

Layar bergerak sendiri hampir dialami oleh semua platform smartphone, seperti android, iphone dan sebagainya. Daripada kamu dibuat kesal karena hal ini, maka kami akan memberikan tutorial cara mengatasinya. Namun simak dulu beberapa hal yang menyebabkan hal ini.

Kenapa Touchscreen Bergerak Sendiri?

Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan masalah satu ini. Namun diantara beberapa kasus ialah diakibatkan oleh hal seperti berikut.

  • Pelindung Layar Kotor

Penggunaan touchscreen dalam jangka panjang akan mengakibatkan layar mudah tergores, sehingga membuat tampilan tidak jernih lagi. Oleh karena itu biasanya pabrikan maupun pengguna smartphone menambahkan pelindung layar pada smartphone mereka ini.

Penyebab layar android anda bergerak sendiri bisa saja dikarenakan terdapat debu dan sebaginya. Untuk itu anda bisa membersihkannya.

  • Layar Terlalu Panas

Pemakaian ponsel yang berlebihan akan membuat smartphone anda panas, selain mempengaruhi performa dari smartphone. Maka akibat dari hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa layar anda bergerak sendiri atau istilahnya ghost touch.

  • RAM Penuh

Ram atau random access memory merupakan bagian dari smartpohone yang berfungsi menyimpan data sementara. Ketika ram ini penuh maka bisa jadi ponsel akan lelet, dan bahkan tidak merespon semua yang kita perintahkan. Pada sebagian kasus hal ini juga bisa membuat layar handphone kamu bergerak dengan sendirinya.

  • Touchscreen Rusak

Apabila setelah anda cek dari ketiga hal yang sudah kami sampaikan, dan tidak ada perubahan. Maka bisa dipastikan layar sentuh kamu telah rusak, sehingga anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Selain yang sudah kami sebutkan diatas, masih banyak lagi hal yang dapat menyebabkan touchscreeen smartphone kamu bermasalah.

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri

Untuk solusi atau mengatasi permasalahan satu ini, maka anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Memang ada sebagian pengguna yang mengalami touchscreen bergerak sendiri saat di cas, untuk itu solusinya adalah mengganti dengan charger baru.

Selain itu untuk mengecek seberapa parah dari kerusakan yang terjadi pada touchscreen kamu, maka anda bisa menggunakan aplikasi kalibrasi. Adapun untuk menginstallnya maka anda bisa mencari aplikasi kalibrasi yang tersedia gratis pada play store.

Hentikan penggunaan yang berlebihan pada smartphone anda. Banyak orang yang saat ini over dalam menggunkan smartphone. Selain dapat merusak mata, hal ini juga dapat membuat ponsel anda cepat rusak, smartphone yang panas dapat membuat komponen yang ada pada hp cepat rusak.

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab dan sedikit tips bagaimana cara mengatasi touchscreen android bergerak sendiri. Intinya apabila sudah diketahui kerusakan pada smartphone kamu, maka kamu jangan memaksakan diri untuk memperbaikinya. Karena biasanya hal ini akan membuat kerusakan baru pada hp anda, dan akhirnya akan lebih besar lagi biaya perbaikan yang harus anda keluarkan.

Leave a Comment